Nur Muhammad

Nur Muhammad
Cahaya kesempurnaan kekasih Allah Subhanahu wa Ta'ala

Selasa, 08 November 2011

BENARKAH THAHA & YASIN ITU NAMA RASULULLAH?


Thaha dan Yasin terdapat dalam Shalawat Badar yang sering dilantunkan oleh masyarakat Islam umumnya dan masyarakat Indonesia. Thaha dan Yasin juga terdapat dalam Al-Quran. Thaha dan Yasin juga terdapat dalam kitab Dalail Khairat karangan Syeikh Sulaiman Al-Jazuli. Namun yang sering dipermasalahankan adalah:

BENARKAH THAHA & YASIN ITU NAMA RASULULLAH?

Pertanyaan ini sangat perlu dijawab karena mengingat ada kalangan dan oknum dalam masyarakat Islam (wahabi) yang membodohi orang-orang awam dalam persoalan nama Thaha dan Yasin dalam Shalawat Badar bahkan mensyirikkan mereka.

Disini kami katakan bahwa THAHA & YASIN adalah BENAR NAMA RASULULLAH. Dalil-dalilnya terdapat dalam:
Kitab DALAIL AN-NUBUWWAH karangan Ahmad bin ‘Abdullah bin Ahmad bin Ishaq bin Musa bin Mihran Al-Ashbahaniy atau yang lebih dikenal dengan nama Abu Nu’aim al-Ashbahaniy (336 – 430 H):
ثنا محمد بن أحمد بن الحسن ، ثنا محمد بن عثمان بن أبي شيبة ، قال : ثنا عبد الله بن عمر بن أبان ، قال : ثنا إسماعيل بن إبراهيم التيمي ، ثنا سيف بن وهب ، عن أبي الطفيل ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « إن لي عند ربي عشرة أسماء – قال أبو الطفيل : حفظت منها ثمانية – : محمد ، وأحمد ، وأبو القاسم ، والفاتح ، والخاتم ، والعاقب ، والحاشر ، والماحي » قال أبو يحيى : وزعم سيف أن أبا جعفر قال له : إن الاسمين الباقيين : طه ويس
Artinya: Telah bercerita kepada kami oleh Muhammad bin Ahmad bin al-Hasan, Telah bercerita kepada kami oleh Muhammad bin ‘Utsman bin Abi Syaibah berkata ia: Telah bercerita kepada kami oleh ‘Abdullah bin ‘Umar bin Abaan berkata ia: Telah bercerita kepada kami oleh Isma’il bin Ibrahim at-Taymiy, Telah bercerita kepada kami oleh oleh Saif bin Wahab dari Abi Thufail berkata ia: Telah Bersabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam “((Bahwa sungguh bagiku disisi Tuhanku ada 10 nama”, Abu Thufail berkata “Yang telah aku hafal daripadanya adalah 8, yaitu; Muhammad, Ahmad, Abu al-Qaasim, al-Fatih, al-Khatim, al-’Aqib, al-Hasyir, dan Al-Maahi))”. Telah berkata Abu Yahya : dan (dengan penuh keyakinan) berkata Saif (bin Wahab) bahwa sungguh Aba Ja’far berkata kepada Saif : bahwa sungguh dua nama yang ditinggalkan adalah THAHA dan YASIN.
Kitab DALAIL AN-NUBUWWAH karangan Abubakar Ahmad bin Husain bin ‘Ali bin ‘Abdillah bin Musa Al-Khasrujardiy atau yang lebih dikenal dengan Imam Baihaqqiy (384 – 458 H):
أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ، قال : سمعت أبا زكريا يحيى بن محمد العنبري يقول : قال « الخليل بن أحمد » : خمسة من الأنبياء ذوو اسمين ، محمد ، وأحمد نبينا صلى الله عليه وسلم ، وعيسى ، والمسيح صلى الله عليه . وإسرائيل ، ويعقوب صلى الله عليه ، ويونس ، وذو النون صلى الله عليه . وإلياس ، وذو الكفل صلى الله عليه « قال أبو زكريا : ولنبينا صلى الله عليه وسلم خمسة أسماء في القرآن : محمد ، وأحمد ، وعبد الله ، وطه ، ويس . قال الله عز وجل في ذكر محمد صلى الله عليه وسلم : محمد رسول الله، وقال : ومبشرا برسول يأتي من بعدي اسمه أحمد، وقال الله عز وجل في ذكر عبد الله : وأنه لما قام عبد الله يدعوه، يعني النبي صلى الله عليه وسلم ، ليلة الجن كادوا يكونون عليه لبدا وإنما كانوا يقعون بعضهم على بعض ، كما أن اللبد يتخذ من الصوف ، فيوضع بعضه على بعض ، فيصير لبدا . وقال عز وجل : طه ما أنزلنا عليك القرآن لتشقى والقرآن إنما نزل على رسول الله صلى الله عليه وسلم دون غيره . وقال عز وجل : يس، يعني يا إنسان ، والإنسان هاهنا : العاقل ، وهو محمد ، صلى الله عليه وسلم ، إنك لمن المرسلين، قلت : وزاد غيره من أهل العلم ، فقال : سماه الله تعالى في القرآن :رسولا ، نبيا ، أميا ، وسماه شاهدا ومبشرا ونذيرا وداعيا إلى الله بإذنه وسراجا منيرا وسماه : رءوفا رحيما ،
وسماه : نذيرا مبينا ، وسماه : مذكرا ، وجعله رحمة ، ونعمة ، وهاديا ، وسماه عبدا ، صلى الله عليه وعلى آله وسلم كثيرا.
Artinya: Telah memberitahu kepada kami oleh Abu ‘Abdillah al-Hafidl, berkata ia: aku mendengar Aba Zakaria Yahya bin Muhammad al-’Anbariy berkata: telah berkata al-Khalil bin Ahmad “Lima orang dari pada Nabi itu mempunyai dua nama yaitu : Muhammad dan Ahmad itu Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. ‘Isa dan Al-Masih Shallallahu ‘Alaihi. Israil dan Ya’qub Shallallahu ‘Alaihi. Yunus dan Zulnun Shallallahu ‘Alaihi. Ilyas dan Zulkifli Shallallahu ‘Alaihi. berkata Abu Zakaria : dan bagi Nabi kita Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ada 5 nama dalam Al-Quran yaitu : Muhammad, Ahmad, Abdullah, Thaha dan Yasin. Berfirman Allah ‘Azza Wa Jalla pada sebut Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (dalam Al-Quran). Muhammad adalah Rasulullah (QS. Al-Fat-h : 29). (‘Isa) pembawa berita gembira dengan seorang Rasul yang akan datang daripada sesudahku, nama Rasul tersebut adalah Ahmad. (QS. Ash-Shaff : 6). Berfirman Allah ‘Azza Wa Jalla pada sebut ‘Abdullah (dalam Al-Quran). Dan bahwasanya tatkalahamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadah), hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya. (QS. Al-Jin : 19). Yang dimaksud dengan hamba Allah pada ayat 19 surat al-Jin adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada suatu malam jin hampir saja mereka mengerumuni Nabi berdesak-desak. Jatuhlah sebagian mereka atas sebagian yang lain sebagaimana bahwa sungguh kata “LUBADA” itu dipahami dari bulu domb, maka diletakkan sebagiannya atas yang lain maka jadilah berdesakan. Berfirman Allah ‘Azza Wa Jalla: Thaahaa. Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah; (QS. Thaha : 1-2). Dan al-Quran hanya diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, tiada kepada yang lainnya. Berfirman Allah ‘Azza Wa Jalla: Yaa Siin. (QS, Yaa Siin : 1) Yakni “Wahai Insan (manusia)”. Manusia disini adalah orang yang berakal, dianya adalah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul, (QS. Yaa siin : 3) Aku (Khalil) berkata: dan telah menambah oleh lainnya daripada ahli ilmu, maka berkata: “Telah menamai oleh Allah Ta’ala akan Nabinya dalam al-Quran: Rasuula, Nabiyya, Ummiyya, Syahida, Mubassyira, Nadzira, Da’iyaa Ilallahi bi idzni, Siraaja dan Munira.Dan menamai oleh Allah akan Nabinya: Ra-ufaa, Rahiima. Dan menamai oleh Allah akan Nabinya: Nadzira, Mubiina. Dan menamai oleh Allah akan Nabinya: Mudzakkira, Dan menjadikan oleh Allah akan Nabinya. Rahmat, Ni’mat dan Hadiya. Dan menjadikan oleh Allah akan Nabinya: ‘Abdaa, Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat dan kesejahteraan yang tiada hingga kepada Nabi dan keluarganya.
Kitab al-Mustadrak ‘Ala Shahihain karangan al-Hakim.
أخبرني محمد بن إسحاق الصفار ، ثنا أحمد بن نصر ، ثنا عمرو بن طلحة ، أنبأ عمر بن أبي زائدة ، قال : سمعت عكرمة ، يذكر عن ابن عباس ، في قوله عز وجل : ( طه (1) ) قال : «هو كقولك : يا محمد ، بلسان الحبش » « هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه»
Artinya: telah memberitahu kepadaku oleh Muhammad bin Ishaq ash-Shaffar. telah bercerita kepada kami oleh Ahmad bin Nashar. telah bercerita kepada kami oleh ‘Amar bin Thalhah. telah bercerita kepada kami oleh ‘Umar bin Abi Zaaidah, berkata ia : Aku telah mendengar ‘Ikrimah yang menyebutkan dari Ibnu ‘Abbas pada firman Allah ‘Azza Wa Jalla “طه” berkata ia: “Hal itu sama seperti engkau mengucapkan “Ya Muhammad” dengan bahasa orang Habsyi”. Hadits ini adalah hadits Shahih Isnad, namun keduanya (yakni Imam Bukhari dan Muslim) tidak mengtakhrij hadits tersebut. (Arti takhrij adalah menulis hadits serta sanad-sanadnya.)
Kitab Tafsir Ad-Durrul Mantsur Imam Abdurrahman bin Abubakar Jalaluddin Suyuthi (849-911 H. / 1445-1505 M)
أخرج ابن مردويه من طريق ابن عباس قال { يس } محمد صلى الله عليه وسلم . وفي لفظ قال : يا محمد .
وأخرج ابن أبي شيبة وابن المنذر والبيهقي في الدلائل عن محمد بن الحنفية في قوله { يس } قال : يا محمد .وأخرج ابن أبي شيبة وعبد بن حميد وابن جرير وابن المنذر وابن أبي حاتم من طرق عن ابن عباس في قوله { يس } قال : يا إنسان .
وأخرج عبد بن حميد عن الحسن وعكرمة والضحاك ، مثله .
وأخرج ابن جرير وابن مردويه عن ابن عباس رضي الله عنهما في قوله { يس } قال : يا إنسان بالحبشية .
وأخرج ابن أبي حاتم عن أشهب قال : سألت مالك بن أنس أينبغي لاحد أن يتسمى بيس؟ فقال : ما أراه ينبغي لقوله { يس والقرآن الحكيم } يقول : هذا اسمي ، تسميت به .
وأخرج ابن أبي حاتم عن الحسن في قوله الله { يس والقرآن الحكيم } قال : يقسم الله بما يشاء ، ثم نزع بهذه الآية { سلام على آل ياسين } [ الصافات : 130 ] كأنه يرى أنه سلم على رسوله .
Artinya: Telah mengeluarkan oleh Ibnu Murdawiyah dari jalur Ibnu ‘Abbas berkata ia: Yasin adalah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dan pada satu ungkapan beliau berkata : Ya Muhammad. Telah mengeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu al-Mundzir dan Baihaqqiy dalam al-Dalail (an-Nubuwwah) dari Muhammad bin Hanafiah pada firman Allah يس berkata ia “Ya Muhammad”. Telah mengeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah, ‘Abdun bin Hamid, Ibnu Jarir, Ibnu Mundzir dan Ibnu Abi Hatim dari beberapa jalur dari Ibnu ‘Abbas pada firman Allah يس berkata ia ” Ya Insan”. Telah mengeluarkan oleh ‘Abdun bin Hamid dari Hasan ‘Ikrimah dan Dhihak juga seumpamanya. Telah mengeluarkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Murdawiyyah dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma pada firman Allah يس berkata ia: Ya Insan di Habsyah (Habsyi). Telah mengeluarkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Asyhab berkata ia: “Aku bertanya kepada Malik bin Anas, apakah boleh bagi seseorang diberi nama dengan nama Yasin? Imam Malik menjawab: sesuatu yang aku lihat padanya sepantasnya pada firman Allah يس والقرآن الحكيم Allah berkata : Ini nama-Ku, namakanlah nama engkau dengannya. Telah mengeluarkan oleh Ibnu Hatim dari Hasan pada firman Allah يس والقرآن الحكيم beliau berkata: Allah bersumpah dengan apapun yang dikehendak-Nya. Kemudian menyerupai ia dengan ini ayat yaitu:
{ سلام على آل ياسين } [ الصافات : 130 ]

Seolah-olahnya Hasan melihat bahwa sunggunya Allah mengucapkan salam kepada Rasul-Nya (Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam).
Dan seterusnya. Silakan rujuk tafsir tersebut.
Tafsir Haqiiy pada surat Thaha
{ طه } اختلفوا فيه اكثر مما فى غيره من المقطعات. فقال بعضهم هواسم القرآن او اسم السورة او اسم الله او مفتاح الاسم الطاهروالهادى.
وقال بعضهم هو اسم من اسماء رسول الله صلى الله عليه وسلم مثل احمد ويس وغير ذلك كما قال عليه السلام « انا محمد وانا احمد والفاتح القاسم الحاشر والعاقب والماحى وطه ويس » ويؤيده الخطاب فى عليك فيكون حرف النداء محذوف ياطه والطاء والهاء اشارة الى انه عليه السلام طالب الشفاعة للناس وهادى البشرى اوانه طاهر من الذنوب وهاد الى علام الغيوب.
Artinya: (Thaha). Berbeda pendapat para ulama pada masalah Thaha lebih banyak dari berbeda pendapat mereka pada ayat-ayat potong yang lain. Sebagian ulama berkata bahwa sungguh Thaha adalah nama Al-Quran, atau nama surat, atau nama Allah, atau kunci nama Thahir dan Hadiy. Sebagian ulama berkata bahwa sungguh Thaha adalah satu nama dari sejumlah nama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam seumpama Ahmad, Yasin dan selain demikian. Sebagaimana Rasulullah pernah bersabda “Aku adalah Muhammad, aku Ahmad, al-Fatih, al-Qasim, al-Hasyir, al-’Aqib, al-Mahiy, Thaha dan Yasin”. Menguatkan pendapat yang kedua ini (yakni pendapat yang berkata bahwa Thaha adalah satu nama dari sejumlah nama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam) oleh firman Allah “عليك“, maka adalah huruf “NIDA’” itu telah dibuang. (Dasarnya adalah) Ya Thaha. Huruf Tha dan Ha adalah isyarat kepada bahwa sungguh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam adalah Thalib artinya yang meminta syafa’at untuk manusia. Dan (beliau juga) Hadi artinya yang menunjuk manusia. Atau bahwa sunggunya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Thahir yakni Suci dari dosa danHadin yakni terpetunjuk kepada alam ghaib.
Tafsir Haqiiy pada surat Yaasin
وعن ابن الحنفية معناه يا محمد دليله قوله بعده انك لمن المرسلين وفى الحديث « ان الله سمانى بسبعة اسماء محمد واحمد وطه ويس والمزمل والمدثر وعبد الله »
ويؤيده انه يقال لاهل البيت آل يس كما قيل سلام على ال طه ويس سلام على ال خير الببين
Artinya: “Dan dari Ibnu Hanafiah, makna Yaasin adalah “Ya Muhammad”. Dalilnya adalah firman Allah pada sesudahnya انك لمن المرسلين . dan dalam hadits “Bahwa sungguh Allah menamai aku dengan 7 nama, yaitu: Muhammad, Ahmad, Thaha, Yasin, al-Muzammil, al-Mudatstsir dan ‘Abdullah”. Dan menguatkannya oleh bahwa sungguhnya dikatakan kepada Ahlul Bait dengan Ali Yasin sebagaimana dikatakan “سلام على ال طه ويس سلام على ال خير الببين“.
Tafsir Ibnu ‘Ujaibah karangan Ahmad bin Muhammad bin al-Mahdi al-Hajujiy al-Husniy al-Anjuriy al-Tathawaniy yang lebih dikenal dengan Ibnu ‘Ujaibah (w. 1224 H).
قلت : عن ابن عباس أن « طه » من أسماء الله تعالى ، وقيل : معناه : طوبى لمن هدى ، وقيل : يا طاهر يا هادي ، فالطاء تشير إلى طهارته صلى الله عليه وسلم وتطهيره من دنس الحس ، والهاء تشير إلى هدايته في نفسه ، وهدايته غيره إلى حضرة القدس .
ورُوِيَ عنه صلى الله عليه وسلم أنه قال : « لي عشرة أسماء . . . » فذكر أن منها « طه ويس»
Artinya: Aku berkata: dari Ibnu ‘Abbas bahwa sungguh “Thaha” adalah daripada nama Allah Ta’ala. Dikatakan bahwa sungguh maknanya “طوبى لمن هدى” artinya berbahagialan bagi orang yang diberikan petunjuk. Dikatakan “Ya Thahir, Ya Hadi, maka Tha itu isyarah kepada Thaharah yakni kesucian Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan mensucikan diri dari kotoran yang hissi (indrawi). Haa itu isyarah kepada Hidayah yakni petunjuknya Nabi pada dirinya dan menunjuknya akan lainnya kepada hadhirat Tuhan yang maha suci. Dan diriwayatkan dari pada Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Baginda bersabda bahwa bagiku ada 10 nama. Maka disebutkannya, sebagiannya adalah Thaha dan Yasin.
Tafsir Khazin karangan Abu Hasan ‘Ali bin Muhammad bin Ibrahim bin ‘Umar asy-Syaikhi (679 – 741 H / 1280 – 1341 M). 
قوله عز وجل { طه } قيل هو قسم أقسم الله بطوله وهدايته ، وقيل هو من أسماء الله فالطاء افتتاح اسمه طاهر والهاء افتتاح اسمه هاد . وقيل معناه يا رجل والمراد به النبيّ صلى الله عليه وسلم وكذلك يا إنسان ، وقيل هو بالسريانية ، وقيل بالقبطية
Artinya: Firman Allah ‘Azza Wa Jalla “Thaha”, dikatakan bahwa Thaha itu adalah sumpah, Allah bersumpah dengan ketinggiannya dan petunjukknya. Dikatakan bahwa Thaha itu dari pada nama Allah, maka Tha itu pembuka nama-Nya Thahir, dan Ha itu pembuka nama-Nya Haadin. Dan dikatakannya maknanya itu “Wahai Laki-Laki”, dan yang dimaksud adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dan sedemikian “Ya Insan”, dan dikatakan bahwa Thaha itu bahasa Siryaniyyah dan dikatakan pula berbahasa Qibthiyyah.
Tafsir Jawahir Hisan Fi Tafsir Al-Quran karangan Abu Zaid Abdurrahman bin Muhammad bin Makhluf yang lebih dikenal dengan Tsa’alabiy (786-876 H / 1384-1471 M)
قوله عزَّ وجلَّ : { يس * والقرءان الحكيم * إِنَّكَ لَمِنَ المرسلين } قد تقدَّم الكلام في الحروف المقَطَّعة ، ويختص هذا الموضعُ بأَقوالٍ ، منها : أن ابن جبير قََالَ : يس اسم من أسماء محمد عليه السلام وقال ابن عباس : معناه : يا إنسانُ ، بالحبشية .
Artinya: Firman Allah ‘Azza Wa Jalla; “يس * والقرءان الحكيم * إِنَّكَ لَمِنَ المرسلين” sungguh telah lalu uraian pada huruf-huruf potong. Dan dikhususkan pembahasan pada tempat ini dengan beberapa pendapat, sebagian daripadanya adalah bahwa sungguh Ibnu Jabir berkata: “Yasin adalah satu nama dari Nama Muhammad ‘alaihissalam. Berkata Ibnu ‘Abbas: makna Yasin adalah Ya Insan dengan bahasa Habsyi.


Wallahu'alam bisshowab wal musta'an

Tidak ada komentar:

Posting Komentar